Kamis, 15 Januari 2015

Cara mengembalikan berkas yang terhapus di android


Kali ini kami akan berbagi tips sederhana namun sangat penting untuk diketahui. Anda pasti pernah menghapus data-data seperti foto, gambar, video, dan audio/music. Jika itu sangat penting masih ada harapan berkas itu dikembalikan lagi.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu berkas bisa dikembalikan atau tidak, lama waktu penghapusan semakin lama semakin susah dikembalikan dan seringnya aktifitas menulis data seperti mengunduh, menerima berkas dari bluetooth apalagi yang ukurannya sangat besar. Saat berkas dihapus tidak langsung hilang begitu saja namun tidak sudah terbaca oleh sistem. Ketika ada berkas baru maka butuh tempat untuk penyimpanannya lalu ditimpakan pada tempat berkas yang sudah terhapus.

Cara ini menggunakan aplikasi DiskDigger langsung pada android.

Cara mengembalikan berkas :

1. Syaratnya perangkat harus dalam keadaan root. Ini yang menjadi kendala yang lumayan susah. Silahkan root android disini.

2. Unduh aplikasi DiskDigger Undelete di Playstore. Aplikasi ini gratis tapi cukup untuk mengembalikan file  JPG, PNG, MP4. Untuk format-format yang lain silahkan gunakan yang versi pro.

2. Buka aplikasi DiskDigger.
3. Pilih /data lalu tekan Scan Device. Kemudian pilih format berkas, untuk versi gratisan hanya bisa untuk JPG, PNG, dan MP4.
4. DiskDigger akan mulai memindai berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan. 
5. Pilih berkas yang mau dikembalikan, pilih semua saja nanti dipilah manual setelah selesai. 
6. Tekan tombol Save local... pada bagian bawah untuk mengembalikan berkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar